Pendekatan Behavioral
dan Kognitif Sosial
Apa yang Disebut Belajar dan yang
Bukan
Pembelajaran
(learning) dapat didefinisikan sebagai pengaruh permanen atas
perilaku,pengetahuan, dan keterampilan berpikir, yang diperoleh melalui
pengalaman. Tidak semua yang kita tahu itu diperoleh melalui belajar. Kita mewarisi
beberapa kemampuan, kemampuan itu ada sejak lahir dan tidak dipelajari. Misalnya
kita tidak harus diajarkan untuk menelan makanan, berteriak, atau berkedip saat
silau. Tetapi, kebanyakan perilaku manusia tidak diwariskan begitu saja. Saat anak
menggunakan komputer dengan cara baru, bekerja lebih keras memecahkan masalah,
mengajukan pertanyaan secara lebih baik, menjelaskan jawaban dengan cara yang
lebih logis, atau mendengar dengan lebih perhatian, maka berarti dia sedang
menjalani proses belajar.
Pendekatan untuk Pembelajaran
Pendekatan
untuk pembelajaran di antaranya, yaitu:
·
Behavioral adalah pandangan yang
mennyatakan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati, bukan dengan proses
mental. Proses mental didefinisakan sebagai pikiran, perasaan, dan motif yang
kita alami namun tidak bisa dilihat oleh orang lain.
·
Kognitif memiliki 4 pendekatan, yaitu
pendekatan kognitif sosial, pemrosesan informasi, konstruktivis kognitif, dan konstruktivis
sosial.
Pendekatan Behavioral Untuk
Pembelajaran
Pendekatan
behavioral menekankan arti penting dari bagaimana anak membuat hubungan antara
pengalaman dan perilaku, pendekatan behavioris dibagi atas 2 pengkondisian,
yaitu:
·
Pengkondisian Klasik adalah tipe
pembelajaran di mana suatu organisame belajar untuk mengaitkan atau
mengasosiasikan stimuli. stimulus netral diasosiakan dengan stimulus yang
bermakna dan menimbulkan kapasitas untuk mengeluarkan respon yang sama.
·
Pengkondisian Operan adalah bentuk
pembelajaran di mana konsekuensi-konsekuensi dari perilaku menghasilkan
perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulang. Ada beberapa pandangan
tentang pengkondisian operan oleh beberapa tokoh, di antaranya:
Ø Hukum
Thorndike Efek (law effect) Thorndike menyatakan bahwa perilaku yang diikuti
dengan hasil positif akan diperkuat dan bahwa perilaku yang diikuti hasil
negatif akan diperlemah.
Ø Pengkondisian
Operan Skinner di mana konsekuensi perilaku akan menyebabkan perubahan dalam
probabilitas perilaku itu akan terjadi. Imbalan dan hukuman akan lebih lanjut
dijelaskan.
Ø Penguatan
(imbalan) (reinforcment) adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas
bahwa suatu perilaku akan terjadi. Sebaliknya, hukuman (punsihment) adalah
konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku.
Analisis Perilaku Terapan Dalam
Pendidikan
Analisis
perilaku terapan adalah penerapan prinsip pengkondisian operan untuk mengubah
perilaku manusia. Ada tiga penggunaan analisis perilaku yang penting dalam bidang
pendidikan, yaitu:
·
Meningkatkan Perilaku yang Diharapkan
6 strategi
pengkondisian operan dapat dipakai untuk meningkatkan perilaku anak yang diharapkan,
yaitu:
1. Memilih
penguat yang efektif
2. Menjadikan
penguat kontingen dan tepat waktu
3. Memilih
jadwal penguatan terbaik
4. Menggunakan
perjanjian
5. Menggunakan
penguatan negatif secara efektif
6. Menggunakan
prompt dan shaping
·
Mengurangi Perilaku yang Tidak
Diharapkan
4 langkah yang harus
digunakan secara berurutan untuk mengurangi perilaku yang tidak diharapkan:
1. Menggunakan
penguatan diferensial
2. Menghentikan
penguatan (pelenyapan)
3. Menghhilangkan
stimuli yang diinginkan
4. Memberikan
stimuli yang tidak disukai (hukuman)
Pendekatan Kognitif Sosial Untuk Pembelajaran
·
Teori Kognitif Sosial Bandura
Teori kognitif sosial
(social cognitive theory) menyatakan bahwa faktor sosial dan kognitif, dan juga
faktor perilaku, memainkan peran penting dalam pembelajaran. Faktor kognitif
mungkin berupa ekspektasi murid untuk meraih keberhasilan, faktor sosial
mungkin mencakup pengamatan murid terhadap perilaku orang tuanya.
·
Pembelajaran Observasional
Pembelajaran
observasional juga dinamakan imitasi atau modeling adalah pembelajaran yang dilakukan
ketika seseorang mengamati dan meniru perilaku orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar